Home » » Penerbit Yogya Buka Rahasia

Penerbit Yogya Buka Rahasia

Written By Agus M. Irkham on 14 Jan 2009 | 00:14

: agus m. irkham

Judul Declare!
Kamar Kerja Penerbit Jogya (1998 – 2007)
Penulis Ade
Kata Pengantar St. Sunardi
Penerbit Komunitas Penebit Jogya (KPJ)
Cetakan I 2007
Jumlah Hlm xxxvi + 341 (termasuk indeks)


Sulit untuk tidak menyebut Jogya ketika membicarakan buku. Baik dalam lingkup minat baca, gelaran acara, maupun keberadaan penerbit. Berdasarkan data yang dirilis di buku panduan Jogya Book Fair 2006 saja, paling kurang ada 44 penerbit. Jumlah tersebut hanya meliputi penerbit yang terdaftar sebagai anggota IKAPI DIY. Belum termasuk penerbit indie, yang kisaran jumlahnya lebih dari 100 penerbit. Penerbit buku di Jogya memang sudah tumbuh menjadi suatu industri. Terbukti pada tahun 2001 saja ada 4.230 judul buku baru dengan oplah tak kurang dari 6.480.000 eksemplar. Sebuah jumlah yang membabarkan kepada khalayak betapa tingginya tingkat persaingan dan kreativitas pengelolaan penerbit Jogya.

Salah satu penyebab meledaknya angka jumlah penerbit di Jogya adalah angin segar reformasi (1998) dan perkembangan industri percetakan. Reformasi memperkaya keragaman tema buku yang diangkat. Beberapa yang sangat menonjol adalah buku-buku (berbau) kiri dan tema-tema pergerakan dan pembebasan.

Tahun 1998, juga menjadi awal munculnya Program Pustaka Yayasan Adikarya IKAPI dan Ford Foundation yang turut menggairahkan dunia penerbitan buku. Selama program itu berlangsung, ada 445 judul buku yang diterbitkan oleh 52 penerbit dengan nilai total pembiayaan 1,8 juta dolar AS. Banyak penerbit kecil, termasuk Jogya, yang kecipratan dana tersebut. Yayasan Adikarya IKAPI memberi subsidi produksi buku bertema humaniora, sastra, lingkungan, kependudukan, dan lingkungan. Setiap penerbit dijatah delapan judul buku dalam satu program. Besaran subsidi 80 persen dari total biaya cetak 3.000 eksemplar. Hingga tahun 2003, tak kurang 600 judul buku terbit atas bantuan subsidi tersebut. (hlm 82)

Persoalan mulai muncul ketika program tersebut berakhir. Tidak sedikit penerbit Jogya, yang semula hanya berbekal idealisme tanpa pernah serius menekuni logika pasar akhirnya harus gulung lapak. Kenyataan itu alih-alih membuat gairah penerbit Jogya menjadi lesu, yang terjadi justru intensitas persaingan semakin meninggi. Tingginya tingkat persaingan di antara penerbit Jogya, tak jarang melahirkan praktik hina di industri mulia. Para penerbit banyak yang bekerja dengan sistem “ATM” (Amati, Teliti, Modifikasi) serta “spanyol” (separo nyolong), utak-atik naskah dari internet dengan nama penulis gadungan, sebagainya. Modus itu dipakai demi memenuhi kewajiban perniagaan. Tidak semata-mata melunasi dahaga wacana pengetahuan.
Buku ini merupakan catatan seorang kerani perbukuan Jogya, Adhe, yang turut pula menjadi bagian yang dibicarakan. Tentu kondisi itu menjadi serba sulit buat Adhe. Karena mestinya ia berjarak dengan objek tulisan. Tidak menjadi bagian yang ditulis. Agar ia mampu menulis dengan jujur, tanpa dibebani oleh rasa rikuh dan konflik kepentingan.

Meski demikian ketika saya membaca pagina demi pagina isi buku, saya tidak menemukan nuansa jumawa dan konflik kepentingan itu. Nampak benar upaya Adhe untuk bersikap ”dingin”, dan berjarak ketika menulis.

Sangat boleh jadi Declare menjadi satu-satunya buku yang merekam geliat dunia penerbitan di Jogya. Merekam tidak saja pada sisi-sisi teknis penerbitan: dari mulai (hitam putih) modus pengadaan naskah, proses produksi, dan sistem distribusi, tapi juga mendaras segi kulturalnya. Hingga orang akan sampai pada satu kesimpulan: gairah penerbitan buku di Jogya hanya sekadar akibat bukan sebab. Akibat dari tradisi kritis dan gaya hidup nyempal yang memang sudah menjadi bagian khas dari Jogya itu sendiri.



Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Tuesday, January 12, 2010 1:55:00 am

Saya mau pesan buku tersebut satu biji. bagaimana pembeliannya. mohon emailnya ke muslimnas2004@yahoo.com. trims.

Monday, April 04, 2011 6:48:00 pm

maaf mas. saya tidak jualan. coba langsung saja hunting di toko buku (online).

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumpulan artikel gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger