Home » » Menggelindingkan Mimpi!

Menggelindingkan Mimpi!

Written By Agus M. Irkham on 30 Oct 2011 | 16:52



:: agus m. irkham

Lantaran dorongan yang kuat dari teman-teman pegiat taman baca, maka mulai hari ini--mimpi ini saya gelindingkan ke publik luas--yaitu membangun pusat belajar masyarakat melalui Taman Bacaan. Rumah inilah yang tengah saya incar untuk saya jadikan Taman Bacaan. Saya akan beri nama TBM OASE BACA--nama yang pernah saya gunakan sebagai label Toko Buku Independen dan Perpustakaan Komunitas di Semarang--saat saya masih kuliah di UNDIP, 8 tahun silam.

Luas rumah + tanah kurang lebih 900m persegi. Terletak tidak jauh dari belakang rumah saya--sekitar 200m. Tepatnya di Dusun Lebo Wetan, Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis, dekat jalan utama desa dan masjid. Dan coba lihat, luas halaman dan rumput hijaunya--wuih tak kebayang anak-anak bakal senang sekali "merumput" di situ. Saat saya temui pemilik rumah, ditawarkan Rp250juta. Saya tawar Rp200juta. Dikasih. Deadline Maret 2012.

Membersamai mimpi ini, secara khusus saya menulis buku berjudul GEMPA LITERASI: Dari Kampung untuk Nusantara (Dalam proses penimbangan akhir di penerbit Kepustakaan Populer Gramedia, diperkirakan tebalnya 600 halaman) saya tulis bersama Gol A Gong berisi 99 Esei Bergizi tentang Buku, Perpustakaan, Komunitas Literasi, Budaya Baca-Tulis, dan Taman Bacaan Masyarakat. Keseluruhan royalti buku ini akan saya gunakan untuk membebaskan tanah di atas. Buku tersebut kami maksudkan sebagai buku referensi pegiat budaya baca. Karena tidak saja membahas persoalan budaya baca dari segi kognisi (informasi-pengetahuan) tapi juga dari sisi motivasi dan pratik di lapangan.

Mohon doa dan dukungan dari kawan-kawan.
Jika berkenan mendonasikan sebagai dari rezeki Anda bisa ditransfer ke:

BANK MANDIRI kcp WELERI-KENDAL
NOREK: 136-00-0715405-4
Atas Nama AGUS MUH. IRKHAM

Atau norek istri saya:
BANK BCA kcp KATAMSO, YOGYAKARTA
NOREK: 445-064-0391
Atas Nama SITI JAZIMAH

Setelah transfer mohon konfirmasi melalui SMS atau TELPON
ke 0878 3228 5788 (agus irkham) atau 08179 522 880 (Siti Jazimah).

TERIMA KASIH, Salam literasi!
Agus M. Irkham
E-mail: agus_irkham@yahoo.com
Twitter: @agusirkham
FB: agus m irkham
Blog: http://kubukubuku.blogspot.com
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Friday, November 04, 2011 12:39:00 am

Bukunya kapan terbit???

Friday, November 11, 2011 6:46:00 pm

Pastinya belum tahu mbak, secepatnya nanti saya kabari. tks. ada alamat emaail/nope?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumpulan artikel gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger