Home » » Pemetaan Pikiran

Pemetaan Pikiran

Written By Agus M. Irkham on 22 Apr 2009 | 00:12




:agusm.irkham

Minds Mapping (pemetaan pikiran) merupakan bentuk dari teknik membuat catatan. Ada banyak ide yang terus berputar di otak kita. Ada berpuluh masalah menggelayut di benak, menunggu segera diselesaikan. Ada bermacam persoalan emosional yang seringkali mereduksir perasaan. Kita perlu sesuatu agar semua persoalan, ide, rencana, kegundahan, dapat keluar dari memori otak, sehingga bisa segera disistematisir. Sesuatu itu adalah minds mapping.

Pemetaan pemikiran baik untuk menyusun sebuah rencana baik itu rencana pribadi, keluarga maupun institusi. Bahakan bisa menjadi media pengumpulan ide (brainstorming) sekaligus mengikatnya. Minds mapping memudahkan Anda membuat sistem atau alur kerja termasuk menulis artikel dan buku.

Minds mapping bisa menjadi semacam outline artikel. Sebelum dikembangkan ke dalam bentuk outline deskriptif. Dibandingkan dengan model pencatatan biasa (tradisonal) minds mapping lebih bisa meningkatkan daya ingat Anda, dari sisi penggunaan waktu juga hemat. Mendapatkan lebih kesempatan untuk menyelesaikan banyak hal, menemukan solusi terbaik dari masalah Anda. Semua tersusun lebih teratur, imajinatif, logis, dan tentu saja menyenangkan.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonymous
Monday, April 27, 2009 7:51:00 am

zaitun _FKM UNDIP

betol, mas agus! hehehe...saya ganti catatan kuliah, planning harian pake mind mapping jauh lebih nyantol dibanding outline biasa..pada awalnya emang agak kagok karen belum biasa, tapi2 lama2 tidak bisa tidak kalo belajar harus pake mind Mapping metode Quantum Learning...Terbukti efektif!

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumpulan artikel gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger